Wales - Yuan Gao dalam Encyclopedia of
Information Science and Technology (2005), menyatakan E-Commerce adalah
penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transksaksi
komersial.
Kalakota dan Whinston
mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, yaitu:
- Dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, produk/jasa, atau pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya;
- Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow;
- Dari perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang; dan
- Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.
- Meliputi pemrosesan elektronik dan transmisi elektronik dari data
- Meliputi banyak aktivitas berbeda ;pembelian dan penjualan secara elektronik dari barang dan jasa, pengantaran on-line dari produk digital, pemindahan dana secara elektronik (electronic funds transfer/EFT), komersial elektronik dari saham, dan pemasaran konsumen langsung, komputerisasi proses bisnis
Banyak
perusahaan telah berkecimpung dalam EDI diatas jaringan privat untuk bertahun
tahun
Revolusi
internet – suatu susunan dari pasar inovatif dan komunitas perdagangan
Untuk
penyikapan potensial dan risiko potensial, akuntan modern harus mengenal
teknologi dan teknik yang mendasari komersial elektronik.